Tuesday, May 31, 2011

3 Tips Cara Membuat Cerita Semangat Anda Sendiri

banyak cerita semangat yg kita dapatkan dari orang lain, kadang ada yg membuat kita tersentuh, tergugah hingga semangat kita kembali menggelora, walau emang ada cerita semangat yg tidak semangat sih atau juga membosankan.

tapi kenapa cerita tsb tidak dari diri anda sendiri?

Mungkin anda bertanya "lah ngapain juga bikin cerita semangat?". pertanyaan yg sederhana tapi membutuhkan jawaban yg kompleks dan panjang, mungkin klo saya singkat sih dengan kata ini "prinsip memberi". Apapun yg kita beri itu bermanfaat bagi org lain, sebenarnya juga akan berdampak positif ke diri kita sendiri, itulah prinsip memberi.

tenang saja, memberikan cerita semangat tidak harus selalu di tulis, anda tinggal bercerita itu juga termasuk memberi, cuma kali ini saya akan membahas tips cara membuat cerita semangat diri kita sendiri.ini dia :

1. Buatlah cerita pada saat anda berada dalam zona baru
kata Zona baru menurut Quantum Leap thinking adalah cara pandang baru, untuk lebih jelasnya baca cerita dibawah ini:

OH HAMA .. TERIMA KASIH YA.

penduduk desa ABC ladang nya di serang hama, sehingga mereka mengalami kerugian yg cukup banyak, usaha yg dilakukan begitu banyak u/ atasi hama tsb tapi berakhir sia sia, hingga salah seorang iseng menanam umbi umbian di ladang gersang tsb, eh ternyata umbian tersebut tumbuh dgn baik.

Semua org di desa itu akhirnya mengganti usaha utama nya dgn umbian tsbt dan yg mengejutkannya adalah hasil panen umbian tsb jauh lebih menguntungkan daripada usaha yg dulu. Mereka yang tadinya kesal dgn hama yg sulit di musnahkan, sekarang justru senang dan bersyukur hama tsb telah merusak panen usaha utama mereka yg pertama.

perubahan cara pandang melihat hama itulah org2 di desa tsb berada di zona baru, dan saat itulah saat yg tepat u/ menceritakan cerita semangat mereka kpd orang lain.

2. buatlah sesingkat mungkin
Cerita semangat tidak perlu panjang, selama sudah bisa memberi semangat, itu sudah cukup, cerita hama diatas itu adalah kisah nyata, sebenarnya panjang banget, tapi saya singkat sehingga enak dibaca, tentu gak se singkat di atas, itu kependekan, buatlah antara 4 - 5 paragraph. yah walaupun ada juga cerita yg ber halaman2 yg memberi semangat krn begitu hebatnya nya, tapi u/ sekedar cerita pendek, sekali lagi panjang pendek cerita tergantung seberapa hebat cerita nya berpengaruh dalam diri anda.

3. Gunakanlah bahasa emosi anda sendiri
anda unik, juga cara penulisa anda. Buatlah cerita itu adalah bagian dari diri anda sendiri, jgn terlalu di tutupi, lepaskan expresi anda di cerita tsb. hey, kita cuma manusia biasa yg unik kan?

semoga tips cara membuat cerita semangat anda sendir bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain di sekitar kita, selamat berbagi semangat.






--

No comments:

Post a Comment