Tuesday, August 25, 2009

tips hidup bersemangat

3 tips hidup bersemangat sepanjang waktu

Pernah liat orang yg bersemangat sepanjang waktu? Tips hidup seperti apa sih yg mereka terapkan? Apa iya bisa bersemangat sepanjang waktu?

Jawabannya adalah ya, ya-ada deh, ya iyalah-masak ya iya dong.

Bersemangat berarti vitalitas tinggi dan energetik. Penulis buku “Tetaplah bersemangat sepanjang waktu” oleh Norman V Peale, menjelaskan tips hidup nya, diantaranya adalah

Tips hidup 1 : Energi mental yg teratur.
Orang orang yg kehabisan energi memiliki kecenderungan tidak bisa mengatur emosinya dalam satu hari. Pembangkitan emosi secara besar besaran, ketergesaan dalam kesibukan adalah alasan sebagian besar kenapa energi mental kita keluar dgn boros dan kehabisan sebelum saatnya.

Seringlah lakukan relaksasi secara mental terutama saat kita mulai merasakan stress yg naik, baik itu kekecewaan, kemarahan, kekesalan, dan sejenisnya. Contohnya seperti membayangkan ketenangan kucing yg malas saat kita mulai stress …. Miauow..

Tips hidup 2 : Tingkatkan harapan
Gejala depresi ringan yg sering dihinggapi dan menguras tenaga adalah hampa, tidakmenemukan kesenangan hidup, kesepian, bosen, dan sebagainya. Kuncinya adalah semakin besar pengharapan kita, semakin kecil pula tingkat depresi yg ada di diri kita.

Contoh tips hidup no. 2 ini yg paling saya sukai adalah : Awalilah hari dgn bangun pagi (lebih pagi dari biasa lebih bagus), dan katakan ke diri sendiri di depan cermin “saya semakin lama semakin baik dan bersuka cita”, dan hidup kita (insya Allah) semakin lebih baik. (gak percaya? Coba aja dulu seminggu dan liat hasilnya. )

Tips hidup 3 : Bantu orang lain untuk lakukan tips hidup no.1 dan 2.
Stephen Covey lagi2 kita acungkan jempol lagi, cara tercepat dan efektif untuk mempelajari dan mendapatkan manfaat dari suatu hal baru adalah mengajarkan kpd orang lain. Hukum alam berlaku, apa yg kita beri akan kita terima berlipat ganda.

Jamin kalau anda hanya terapkan tips hidup semangat ini ke diri sendiri saja, hasilnya tidak akan se optimal daripada memberikan contoh anda sendiri ke orang lain. :)

info lebih tentang hidup materi

No comments:

Post a Comment