Monday, August 31, 2009

hidup dengan keterbatasan

hidup dengan mengeluh

Paling enak itu ngeluh klo kita hidup dengan keterbatasan, gak ada kerjaan, gak ada kesempatan, gak ada duit, gak ada yg bisa dimintain duit, ee pas mo ngutang temen, kita dah dibilangin “gak ada” aja, bener bener deh gak mo nolongin temen …

tuh kan, ngeluh itu enak.. !!

Universitas Manchester melakukan survey antara nov.2007 hingga januari 2008, menunjukkan response yg cukup menarik dari survey stress yg ke-2, yaitu : banyak yg ngeluh soal pekerjaan dan hubungan manusia

Tuh kan, dah dapet kerjaan aja masih banyak yg ngeluh

Tidak peduli kondisi apapun yg terjadi pada diri kita, sepertinya kita terbiasa hidup dengan keterbatasan dgn cara mengeluh. Hu-uh.

Eksperimen monyet hidup dengan keterbatasan
Sumber John C Maxwell, failing forward.

Gary Hamel dan C.K Prahalad, melakukan eksperimen untuk menunjukkan hidup dengan keterbatasan dengan 4 ekor monyet yg di taruh dalam ruangan yg ada satu tiang tinggi di tengahnya untuk menggantung pisang yg banyak di ujung tiangnya.

Saat salah satu lapar, tentu saja langsung manjat ke tiang itu, tapi saat tangannya mo mengambil pisang itu, monyet itu di guyur aer dingin… BYURR… tentu saja si monyet itu kaget, teriak, dan loncat turun.

3 monyet lain jga mencoba, tapi hasilnya sama, diguyur air dingin. Peristiwa itu terjadi berulang kali hingga akhirnya menyerah dan tidak mencoba lagi.

dasar iseng, (emang eksperimen itu keliatan kerjaan orang iseng kali ya), seorang periset mengganti satu monyet yg diruangan itu dgn yg baru. Naah lagi lagi si monyet baru ini laper, tapi pas mo manjat tiang, kali ini si -3 monyetnya menariknya ke bawah. Peristiwa ini berkali kali hingga akhirnya si monyet ini berhenti berusaha untuk memanjat tiang pisang lagi.

Periset itu kemudian iseng lagi, satu monyet lama diganti lagi dgn satu monyet baru, dan kejadian nya juga serupa, semua monyet lama menarik si monyet pendatang baru agar tidak naek ke tiang itu. Dan lagi lagi, si monyet baru itu pun akhirnya menyerah.

Proses itu terus berlangsung hingga ke-4 monyet yg ada di dalam ruangan itu baru semua, tapi tidak ada seekorpun yg berani memanjat tiang pisang banyak itu tanpa tau alasannya kenapa.

info lebih mengenai kisah hidup orang terkaya

4 comments:

  1. Ya, disadari atau tidak, begitulah kira-kira sifat manusia.

    ReplyDelete
  2. betul kips, "ikut ikutan" jadi aturan nomor satu buku pegangan hidup kita sekarang... thnkz komennya. :)

    ReplyDelete
  3. Apa iya gitu ya om Fer ?

    Hemhh, jadi kepikiran terkekang sama norma dan aturan manusia.

    ReplyDelete
  4. @kopsus : tepat sekali, gitu dong kopsus, itu namanya baru meratiin..

    ReplyDelete