Sunday, August 16, 2009

Tentang hidup cari materi

Tentang hidup mencari uang

kalo cerita tentang hidup mencari uang, pikiran kita biasanya ke arah kerjaan yg gajinya lumayan, dagang barang yg laku, buka toko di tempat strategis, dapet doorprize mobil dari tv swasta bulan ramadhan ( harapan yg tak pernah kesampaian) dan seterusnya …

Kenapa? Karena cerita tentang hidup mencari uang ini begitu penuh dengan tuntutan. Tuntutan ortu, masyarakat, tuntutan tetangga, sodara spupu, dan tuntutan si pengemis .. (loh?)

Abis diminta uang receh kita bilang gak ada, tapi pas diminta uang gedhe, bilang gak ada juga.. (biasalah, pengemis jaman sekarang.. )

Jadi bagaimana kita mensikapi cerita tentang hidup mencari uang ini? Kerepotan? Pusing? Inilah dia kenapa kita jadi dibuat repot bin pusing tujuh keliling tentang hidup mencari uang.

Mitos vs fakta tentang hidup mencari uang

Ringkasan dari “Mitos dan Fakta Tentang Uang” oleh kompas.com

1. Tentang hidup yang Tak Pernah Cukup
Sebanyak apa pun jumlah uang yang dimiliki, kok rasanya tak pernah cukup ya. Padahal faktanya Sebanyak apa pun uang, akan selalu cukup bila Anda menggunakan dan memanfaatkannya dengan tepat. Karena itu diperlukan perencanaan dalam penggunaan dan bagaimana mendapatkannya.

2. Tentang hidup yang Tak Sempat Mengatur Uang
Padatnya jam kerja dan sibuknya mengatur waktu untuk keluarga, sahabat, dan pasangan, membuat Anda enggan menyusun rencana keuangan setiap bulannya. Padahal faktanya, Menyusun anggaran keuangan tak akan menghabiskan waktu Anda kok.

Bila Anda tak sempat membuat catatan keuangan secara detil, Anda cukup membuat perkiraan kasar berapa pemasukan yang Anda peroleh dan berapa sisa uang Anda setelah memenuhi segala kebutuhan. Sisihkan 10 persen dari penghasilan untuk ditabung. Setelah itu gunakan sisanya untuk membayar tagihan sehari-hari. Nah, sisa akhirnya barulah bisa Anda gunakan untuk bersenang-senang.

3. Tentang hidup yang bisa dibeli oleh uang.
Bila memiliki banyak uang, hidup pasti terasa lebih bahagia, karena dengan uang, segala keinginan dapat terpenuhi. Padahal faktanya, tak semua hal dalam hidup ini bisa dibeli uang. Kasih sayang yang Anda terima dari keluarga dan sahabat tentu tak dapat ditukar dengan uang. Kebahagiaan hidup Anda takkan bisa tergantikan dengan uang sebanyak apa pun jumlahnya.

4. Tentang hidup yang di mudahkan oleh Kartu Kredit
Tak ada salahnya menggunakan kartu kredit, karena bisa dibayar di akhir bulan. Lagipula membayar iuran kartu kredit dan tagihan bulanannya takkan membuat Anda jatuh miskin.

Padahal faktanya, Dua hal yang perlu Anda perhatikan tentang kartu kredit adalah jumlah minimal pembelanjaan dan suku bunga tinggi. Jika Anda biasa belanja dalam jumlah sedikit setiap bulannya, maka Anda tak perlu menggunakan kartu kredit dengan dengan batas pembelanjaan (limit) yang besar. Pasalnya, selain Anda harus membayar iuran yang lebih tinggi per bulannya, Anda juga berisiko terkena suku bunga tinggi jika terlambat membayar tagihan.

5. Tentang hidup yg perlu dinikmati dulu dgn senang senang
Masih ada puluhan tahun ke depan untuk mengumpulkan uang. Jadi, untuk apa repot menabung sekarang? Padahal faktanya, Semakin dini Anda menabung, akan semakin banyak uang yang terkumpul di hari tua Anda nanti. Tak perlu membatasi gaya hidup Anda, tetapi usahakan untuk selalu menabung meskipun dalam jumlah sedikit.

6. tentang hidup berPendidikan Tinggi agar bisa Kaya
Bila ingin menghasilkan banyak uang, kita harus memiliki pendidikan tinggi terlebih dulu. Padahal faktanya, tak sedikit orang yang tak berpendidikan tinggi tapi memiliki aset yang sangat besar. Sebaliknya, tak sedikit orang yang memiliki latar pendidikan tinggi, tapi hidup pas-pasan. Pada dasarnya, pendidikan tinggi tak menjamin keberhasilan seseorang.

info lebih mengenai hidup ini

No comments:

Post a Comment