Friday, August 21, 2009

Perbedaan pandangan hidup

Satu kasus beda Pandangan hidup

Pandangan hidup sebenarnya adalah topik yg sederhana tapi mengandung unsur2 yg begitu kompleks, krn pengaruhnya bisa ke berbagai aspek kehidupan.

Si Budi, (maaf pak budi, ini hanya contoh), berdebat kusir dgn si wati (maaf bu wati, ini contoh juga) dalam pandangan hidup mendidik anak. Si Budi percaya bahwa dgn disiplin tinggi, anak memiliki pribadi bagus di masa depan, tapi si Wati percaya dgn kasih sayang, si anak tumbuh menjadi pribadi yg pengasih.

Siapa yg benar? Si Budi atau si Wati? Apa? Si Udin? Ngawur..
(maaf pak udin, yg ini becanda )

Dua orang ini memiliki pandangan hidup berbeda akan cara mendidik anak, tapi memiliki satu tujuan akhir yg sama, memberikan pendidikan terbaik untuk si Anak.

2 Cara Menyamakan pandangan hidup
Lagi lagi pak steven covey kita ancungkan jempol lagi, ada cara yg cukup efektif untuk menyamakan pandangan hidup ini agar si Budi dan Wati tidak debat berkepanjangan di tanah kusir lagi,.. eh debat kusir maksudnya, yaitu :

1. Segera u/ mengerti dan dimengerti
Cobalah untuk mengerti pandangan hidup nya, begitu sudah mengungkapkan semuanya, cobalah menjelaskan pandangan hidup kita kepadanya. (dimengerti)

2. Berusaha untuk ingat tujuan akhir selalu.
Sebenarnya disiplin dan kasih sayang sama sama dibutuhkan oleh si anak, tapi penerapannya sangat bergantung pada tujuan akhir yg ada di pikiran kita, sehingga bila si Budi dan si wati memiliki tujuan akhir spesifik yg sama, maka kemungkinan besar dlm penerapannya akan lebih efektif tentunya dalam prosesnya ke tujuan.

Nah, akhirnya si Budi dan si wati bisa rukun kembali dan si udin pun mengucapkan terima kasih kepada mereka berdua …(loh kok?), iya, karena ternyata anak yg dibicarakan dari tadi itu adalah anaknya si udin, bukan si budi dan wati. Si udin Cuma mo konsultasi ke budi dan wati tentang anaknya saja. -xD
( sori kali ini usil)

info lebih mengenai hidup mati

No comments:

Post a Comment